Pages

Langsung ke konten utama

Roket Iran Jatuh Dekat Kapal Induk Amerika


Garda Revolusi Iran dilaporkan telah menembakkan roket ke dekat kapal induk Harry S. Truman dan beberapa kapal perang lainnya milik Amerika Serikat (AS) yang memasuki wilayah Teluk pada Sabtu (26/12). Meski telah memberikan peringatan sebelumnya, aksi tersbut dinilai sebagai tindakan yang provokatif oleh militer Negeri Paman Sam.

Tembakan roket yang merupakan bagian dari latihan militer Iran tersebut mendarat dalam jarak sekira 1,4 kilometer dari posisi Truman. Kapal induk angkatan laut AS itu tengah memasuki Selat Hormuz dengan dikawal dua kapal perang AS lainnya dalam misi pendukung serangan udara AS terhadap ISIS di Irak dan Suriah.

“Tindakan ini sangat provokatif, berbahaya, dan tidak profesional serta menimbulkan pertanyaan mengenai komitmen Iran akan keamanan jalur perairan yang penting bagi perdagangan internasional,” demikian disampaikan Juru Bicara Pusat Komando AS Komandan Angkatan Laut Kyle Raines yang dilansir Reuters, Rabu (30/12/2015).

Dia mengatakan bahwa militer Iran hanya memberikan peringatan 23 menit sebelum penembakan berlangsung. Dia menambahkan bahwa kejadian ini sangat berbeda dengan interaksi antara militer AS dan Iran sebelumnya yang berlangsung secara profesional, aman dan rutin.
Sumber

Komentar