Pages

Langsung ke konten utama

28 Negara Siap Ikuti Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016

foto rri.co.id

Angkatan Laut dari 28 negara siap melakukan latihan bersama di perairan Sumatera Barat bulan April mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi pada rapat persiapan akhir kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016, Selasa (16/2/2016) di salah satu hotel di Padang.

Latihan bersama menggunakan 20 kapal perang milik Angkatan Laut tersebut selain bertujuan menggalang kemitraan negara kawasan dunia juga sejalan dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo, yakni menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia.

Dikatakan, stabilitas keamanan perairan adalah masalah urgen dan dalam penanganannya  memunculkan berbagai studi strategis. Untuk perairan Sumatera Barat, hal yang perlu diwaspadai menurut Laksamana TNI Ade Supandi adalah masalah kebencanaan dikarenakan daerah ini termasuk daerah rawan bencana.

Latihan bersama yang dilaksanakan di Kota Padang dan Mentawai tanggal 12-16 April mendatang itu juga berkontribusi terhadap sektor pariwisata daerah.

“Keberadaan kapal perang dari berbagai negara berbeda historis memberi manfaat positif terhadap pembangunan pariwisata daerah. Keindahan alam dengan keberagaman corak budaya di daerah tentu menarik perhatian para tamu dan utusan berbagai negara,” ujarnya.

Melalui kegiatan Angkatan Laut berdimensi global tersebut diharapkan pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat dapat digenjot, sejalan dengan terbukanya peluang investasi guna memacu percepatan pembangunan daerah.

Harapan yang sama disampaikan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Dipilihnya Kota Padang sebagai tempat latihan bersama merupakan kebanggaan bagi daerah dan untuk pembangunan pariwisata, pemerintah Kota Padang telah menganggarkan dana sebesar Rp10 milyar. sumber

Komentar