Pages

Langsung ke konten utama

ACTUV, Sang Predator Pemburu Kapal Selam dari Amerika


Angkatan Laut AS akan melepaskan armada 'kapal hantu' penjelajah pantai untuk memburu kapal selam musuh.

Mereka berharap untuk mengakhiri ancaman sunyi dari kapal selam musuh bertenaga diesel yang memasuki perairan Amerika Serikat tanpa terdeteksi.

Para pimpinan AL AS memperkenalkan kapal pertama sepanjang 132 kaki, yang secara resmi dinamai "Anti-Submarine Warfare Continuous Trail Unmanned Vessel" (ACTUV) yang akan dilepaskan ke perairan pada 7 April mendatang.

Direktur Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Dr. Arati Prabhakar dan wakil direktur Dr. Steve Walker mengungkapkan mengenai kapal terbaru ini.

"Bayangkan sebuah kapal tak berawak yang mengikuti semua hukum laut dengan sendirinya," kata Walker kepada media, "dan beroperasi dengan kapal berawak di permukaan dan tanpa awak di bawah air." tambahnya, seperti dikutip Daily Mail, baru-baru ini.

Kapal-kapal robot ini akan melaut dalam tiga bulan pada saat yang sama. Akan diresmikan pada April di Portland, Oregon, dan kemudian mulai menunjukkan kemampuan jarak jauhnya lebih dari 18 bulan untuk bekerjasama dengan Office of Naval Research and the Space and Naval Systems Warfare Command. Sumber

Komentar